Tips Memelihara dan Membedakan Burung Kenari Merah Asli

Tips Memelihara Kenari Merah Asli - Bagi seorang peternak kenari pemula pasti agak sedikit mengalami kebingungan ketika membedakan burung kenari merah yang asli dan yang palsu. Apalagi sekarang ini banyak sekali oknum-oknum penjual yang berlaku curang dengan mengecat burung kenarinya dengan warna merah agar laku mahal. Belum lagi sekarang ini banyak sekali beredar makanan burung yang mengandung bahan kimia berbahaya untuk membuat agar burung kenari bulunya berubah menjadi warna merah.

Untuk mengatasi hal tersebut kali ini saya akan membahas bagaimana cara membedakan dan memelihara burung kenari merah yang asli. Bagi para peternak kenari pemula yang ingin terjun di budidaya burung kenari ada baiknya mempelajari hal-hal berikut yang akan saya sampaikan. Berikut liputannya (hehe... kayak reporter aja..)

Bagaimana Cara Membedakan Kenari Merah Asli dan Palsu?

Akhir-akhir ini banyak sekali para penjual burung kenari yang tertarik dengan harga burung kenari merah yang telah melambung tinggi. oleh karenannya tidak tanggung-tangung banyak para pembudiya burung kenari yang nakal dengan mengecat burung kenarinya dengan warna merah.

Banyak sekali cara yang dilakukan agar mendapatkan burung kenari dengan warna merah, mulai dari sering memandikan burung kenari dengan cairan berwarna merah sampai dengan menggunakan bahan kimia yang dapat merubah warna bulu burung kenari seperti pigment atau bogena. Cara penggunaan bahan kimia ini biasanya dicampurkan ke dalam makanan burung tiap hari. (Opss... Jangan ditiru ya... ini sekedar menjadi pengetahuan agan-agan aja.. Oke??)

Untuk membedakan mana burung kenari merah yang asli dan mana burung kenari merah yang palsu Anda dapat mengecek ciri-ciri fisik burung, berikut ini caranya:

Silahkan Anda cek bulu burung kenari merah yang Anda pilih pada bagian tangkainya, kaki dan bagian paruhnya jika berwarna merah pekat dan mudah luntur itu sudah dapat dipastikan bahwa burung kenari tersebut adalah palsu dan hasil dari penyiraman zat pewarna.
Cara lain Anda dapat menunggunya sampai bulu-bulu barunya mulai tumbuh (biasanya disebut mabung) atau anda dapat mencoba mencabut bulu-bulu kenari tersebut pada bagian dada beberapa helai, jika nantinya yang tumbuh adalah bulu-bulu baru dengan warna merah berarti kenari tersebut Asli. Cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 2-3 minggu.
Tips membedakan kenari merah asli untuk usaha ternak kenari berikutnya adalah dengan membeli kenari dari para penjual kenari yang sudah terpercaya dan sudah bersertifikat. Biasanya Kenari merah yang asli akan dijual dengan memakai identitas atau logo peternaknya dalam bentuk ring.




Tips Cara Merawat Burung Kenari Merah

Selain dapat membedakan burung kenari merah yang asli dan yang palsu, Anda juga harus mampu merawat kenari Anda dengan baik. Burung kenari merah yang sehat dan berbulu cantik akan memiliki harga yang cukup fantastis. Gunakanlah pakan kenari merah yang khusus untuk burung tersebut agar burung kenari merah Anda memiliki warna merah yang intensif dan super (red intensif). Makanan khusus kenari merah biasanya mengandung bahan yang merangsang pigmen warna merah seperti zat beta karotene.

Zat beta karotine alami dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang berwarna merah, seperti tomat, berry, paprika merah, cherry, labu, ubi-ubian, wortel, cabe, dll. Caranya Anda dapat mencincang buah dan sayuran tersebut atau dengan cara diparut agar menjadi halus kemudian capurkan dengan makanan burung kenari. Anda juga dapat mengeringkannya terlebih dahulu baru dicampurkan agar makanan tersebut bisa bertahan lama.

Anda juga dapat menggunakan bahan yang biasa digunakan sebagai pewarna makanan seperti canthaxanthin. Canthaxanthin ini aman dan biasanya digunakan untuk campuran pakan unggas. Canthaxanthin ini dapat Anda campurkan pada makanan dan minuman burung kenari saat mabung atau bulu-bulu baru mulai tumbuh. Namun menurut saya cara menggunakan buah-buahan dan sayur-sayuran alami jauh lebih baik jika dibandingkan dengan canthaxanthin. Gunakanlah buah-buahan dan sayur-sayuran alami tadi saat burung kenari mabung hingga dewasa agar memperoleh warna merah yang bagus dan mempesona.

Itulah beberapa tips dan trik untuk merawat dan membedakan burung kenari merah yang asli. Ingatlah peternak kenari yang sejati tidak akan melakukan hal-hal yang curang dalam beternak apalagi dengan menyiksa burung piaraannya. keuntungan yang diperoleh dengan cara jujur akan berbuah keberkahan. Sukses untuk budidaya burung kenari.. Salam Kicau Mania...!!!

Baca juga Artikel Cara Budidaya Burung Kenari Untuk Pemula

1 Response to "Tips Memelihara dan Membedakan Burung Kenari Merah Asli"

  1. MestiQQ Adalah perusahaan judi online KELAS DUNIA ber-grade A

    Sudah saatnya Pencinta POKER Bergabung bersama kami dengan Pemain - Pemain RATING-A

    Hanya dengan MINIMAL DEPOSIT RP. 10.000 anda sudah bisa bermain di semua games.

    Kini terdapat 8 permainan yang hanya menggunakan 1 User ID & hanya dalam 1 website.
    ( POKER, DOMINO99, ADU-Q, BANDAR POKER, BANDARQ, CAPSA SUSUN, SAKONG ONLINE, BANDAR66 )

    PROSES DEPOSIT DAN WITHDRAWAL CEPAT Dan AMAN TIDAK LEBIH DARI 2 MENIT.

    100% tanpa robot, 100% Player VS Player.
    Live Chat Online 24 Jam Dan Dilayani Oleh Customer Service Profesional.

    Segera DAFTARKAN diri anda dan Coba keberuntungan anda bersama MestiQQ
    ** Register/Pendaftaran : WWW-MestiQQ-POKER
    Jadilah Milionare Sekarang Juga Hanya di MestiQQ ^^

    Untuk Informasi lebih lanjut silahkan Hubungi Customer Service kami :
    BBM : 2C2EC3A3
    WA: +855966531715
    SKYPE : mestiqqcom@gmail.com

    BalasHapus